Belajar Memahami Ketetapan Allah

“Tidak sekalipun nafas yang engkau hembuskan, kecuali di dalamnya ada ketentuan Allah yang berlaku atas dirimu”

Ini adalah cerita sedih seorang sahabat. Diusianya yang masih terbilang muda, ia harus rela hidup menjanda. Sebuah kisah cinta yang tragis. Di hari pernikahannya…usai merayakan walimah…suaminya jatuh sakit. Sakit yang pada akhirnya mengantarkan sang  suami menghadap-Nya.

Mimpi tentang kebahagian hidup berumah tanggapun pupus sudah. Tak terbayangkan kepedihan yang dirasakan sahabatku ini. Angan-angan yang telah dirajut sejak lama, terurai dalam sekejap.

Teramat berat. Tentu saja. Bayangkanlah seandainya hal itu menimpa diri kita?

Tapi…Inilah hidup. Ada sukanya dan ada dukanya. Ada senangnya dan ada sedihnya. Kita tidak dapat senantiasa melewati lorong hidup yang terang…kadang kita harus melewati lorong hidup yang gelap. Kita tidak dapat berharap hidup menyapa kita dengan keindahannya setiap waktu.

Kalau kita dihadapkan pada pilihan antara senang  dan sedih,kita pasti memilih untuk senang. Jika kita dihadapkan pada pilihan kaya dan miskin, pasti kita lebih memilih kaya. Jika kita dihadapkan pada pilihan antara sehat dan sakit,…so pasti kita memilih sehat.

Namun, ini bukan tentang apa yang kita inginkan. Ini tentang apa yang harus kita jalani, sebagai bagian dari ketetapanNya. Pilihan kita hanyalah Ridho dengan takdirNya. Karena sejatinya, seburuk apapun yang terjadi, sepedih apapun yang kita rasakan, ketetapan ALLAH tetap hal terbaik bagi setiap hamba-hambaNya. Karenanya  akan senantiasa ada hikmah dari segala hal yang menimpa kita.

….

Musibah yang menimpa sahabatku ini, di kemudian hari memberi ruang perdebatan, ketika banyak orang-orang yang mengatakan itu terjadi karena pilihan tanggal pernikahannya adalah hari yang buruk.  Bagi sahabatku, ini adalah ujian lain bagi kemantapan aqidahnya.

Tidak ada yang harus disesali dari pilihan tanggal pernikahan tersebut. Jodoh adalah keputusan Allah. Dan dilangsungkan pernikahan pada tanggal yang telah disepakati , juga merupakan keputusan Allah. Tidaklah terjadi sesuatu kecuali atas kehendak-Nya.

Tidak ada hari yang buruk. Setiap hari adalah baik. Karena hari adalah putaran waktu yang ditandai dengan terbit tenggelammnya matahari. Yang membuat “hari menjadi buruk” adalah sikap negative para hamba dalam merespon ketetapanNya.

….

Sahabat…

Sesungguhnya, keseluruhan hidup kita adalah karunia. Jikapun ada takdir buruk berupa musibah yang menerpa kita, mungkin saja, sesungguhnya Allah menghindarkan kita dari musibah yang lebih besar. Bisa jadi, ini adalah tangga untuk naik kepada derajat yang lebih tinggi di sisiNya. Bisa jadi, dengan musibah ini Allah menghapus dosa-dosa kita.

Inilah juga tanda dari rasa sayang-Nya, karena setiap musibah yang menimpa setiap hamba sesungguhnya adalah sapaan kasih dari-Nya, agar kita mendekat kepadaNya.

Mungkin ada saat ketika kita bertanya kepada-Nya, “Why it happens to me?”

Mungkin ada saat ketika kita meratap, ”God, it’s completely hard!”

Sahabat…

Engkaulah muslimah terpilih. Bukankah Rasulullah bersabda,”Barangsiapa dikehendaki Allah kebaikan baginya maka ia diuji (dengan musibah yang menimpa).” (HR. Al Bukhari)

Engkau istimewa, karenanya DIA memperlakukanmu dengan istimewa. Rasakan ini sebagai bentuk cintaNya yang demikian dalam kepadaMu. Bukankah Rasulullah bersabda,”Apabila Allah menyenangi seorang hamba maka dia diuji agar Allah mendengar permohonannya.” (HR. Al Baihaqi)

Engkau luar biasa. Karena hanya orang-orang luar biasa yang mendapat ujian luar biasa. Bukankah Rasulullah bersabda, “Seseorang diuji menurut kadar agamanya. Kalau imannya lemah dia diuji dengan itu (ringan) dan bila imannya kokoh dia diuji sesuai itu (keras). Seorang diuji terus menerus sehingga ia berjalan di muka bumi bersih dari dosa-dosa. (HR. Al Bukhari)

Dan sesungguhnya Allah tidak akan menimpakan beban di luar kesanggupan kita. Segala ujian yang menimpa kita sesuai dengan kadar ketahanan yang kita miliki.

Sahabat…

Semoga Allah menghapus dosa-dosamu asbab musibah yang menimpamu. Semoga Allah mencatatnya sebagai kebaikan atas kesabaranmu menghadapi cobaan ini.  Semoga Allah memberi pengganti yang lebih baik. Semoga Allah memberimu pasangan hidup (lagi) yang akan mencintaimu karenaNya, dan akan engkau cintai karenaNya. Semoga Allah karuniakan kepadamu “Pangeran Impian” to brighten your days. Semoga Allah kirimkan kepadamu dalam waktu dekat…

Salam cinta untukmu…

Ummuali.wordpress.com

Responses

  1. Menurut ku jodoh itu sangat misteri dan sulit ditebak…ada yang mengatakan ketetapan Allah mengenai jodoh yaitu mengenai apakah kita didunia ini akan di takdirkan mendapatkan jodoh atau tidak, sedangkan untuk dengan siapa kita akan berjodoh..itu semua tergantung dari usaha dan ikhtiar kita, apakah benar tentang pemahaman itu ??????

    Kemudian juga ku perna baca di sebuah buku, disitu mengatakan bahwa apabila kita didunia belum juga mendapatkan jodoh, Allah akan mengganti nya nanti di akhirat dengan jodoh sesuai dengan keinginanan kita sebagai hadiah dari kesabaran kita sewaktu didunia karena menerima dengan tawakal dan sabar ketetapan Allah, apakah pemahaman itu juga benar? mohon pencerahan nya..terima kasih🙂

    • Bismillah
      Urusan jodoh memang menjadi hal yang menggelisahkan hati para hamba. Sesungguhnya Allah telah tetapkan jodoh, ajal dan rezeki sejak kita dalam kandungan. Jadi tidak usah khawatir, insya Allah.
      Dalam islam kita diajarkan untuk beriman kepada Qadha dan Qadar. Qadha adalah ketetapan Allah. Jadi segala urusan kita telah ditetapkan Allah. Sedangkan Qadar atau kita kenal dengan Takdir adalah ketetapan Allah yang terjadi. Maka segala sesuatu memang telah ditetapkan Allah. Tetapi, terjadi atau tidak apa2 yang telah ditetapkan Allah, menjadi hak prerogatif Allah. Dengan keadilan-Nya, Allah memberi ruang bagi para hamba untuk mengubah takdir. Disinilah fungsi do’a dan ikhtiar. Jadi dengan siapa kita berjodoh, telah Allah tetapkan. Terjadi atau tidak apa yang Allah tetapkan, menjadi rahasia Allah. Tugas kita adalah terus berdo’a dan maksimalkan ikhtiar, setelah itu berserah diri kepada Allah.
      Insya Allah, jika tidak bertemu di dunia akan dipertemukan di akhirat.
      Wallahu’alam.

  2. Assalamualaikum
    Sesungguhnya tidak ada jalan keluar dari suatu musibah selain berserah padaNya. Menjalani apa yang ditetapkanNya dengan sabar & ikhlas. Putri kami yang terkasih telah menghadap ke Rahmatullah di usia 19 bulan..di saat bidadari kecilku sangat lucu & pintar..Sangat berat rasanya menghadapinya. Bahkan untuk membayangkan hal itu sebelumnya kami tidak sanggup. Dan kini Allah memilih kami untuk melewati ujian itu,..Hanya sholat & mengingatNya hati ini jadi tenang,..meski perihnya masih menyayat bagai sembilu..saudaraku seiman..kini Allah telah menitipkan amanahNya di rahim saya,..sesaat setelah saya mengharap pertolongan & kekuatanNya, mempercayakan & menyerahkan hidup saya padaNya…percayalah…Allah maha Pengasih….wassalam

    • Wa’alaikumsalam, Innaa Lillaahi, turut berduka atas kesedihan ditinggal putri tercinta…Alhamdulillah, turut berbahagia atas amanah yg kembali Allah berikan…salam ukhuwah

  3. Tidaklah terjadi sesuatu kecuali atas kehendak-Nya.

    berarti dosa itu ketetpan….n kehndakx……z ingung akan hal ini

    • ya, tidaklah terjadi segala sesuatu kecuali atas Izin-NYa, dalam artikel tersebut ana bicara tentang menerima ketetapan Allah, mengenai takdir baik dan juga takdir buruk sebagai bentuk keimanan kita terhadap qada dan qadarNya. mengenai dosa? sesungguhnya Allah mengilhamkan kepada setiap hamba untuk menuju kepada kebaikan atau keburukan, pilihan ada kepada diri kita masing2

  4. Dalam episode kehidupan manusia.Manusia hanya bisa berharap dan berusaha. kalau harapan itu belum terwujud semua kita serahkan kepada Sang pemilik jiwa. yang setiap inci gerak kita tidak ada yang keluar dari ketetapannya. Insya Allah jika kita ikhlas Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik .amiin

  5. Assalamualaikum.Wr.Wb.

    Menyimak aja..Dan me blajar tuk memahaminx..Sukron

  6. Ya Allah. Aku Redha dgn segala ketetapan Mu.

  7. ya semoga di lapangkan dadanya….
    amin…….

  8. Semoga doa2 ini dkbulkn Allah, salam dn kbahagiaan utk shbt yg mndpt ujian ini …

    • Aamiin

  9. Tulisnya Cukup membuat hati dan pikiran menjadi lebih terbuka untuk menghadapi ujian allah sehingg bisa dijawab dengan sikap yang sesuai dengan yang diridhai Allah

  10. Assalamualaikum
    Tatkala berbagai ujian datang menimpa seakan tak ada henti , takala penghianatan demi penghianatan terjadi berulang kali……, muncul pertanyaan akankah berhenti??, kapan berhenti ? terkadang muncul juga pertanyaan yang penuh dengan keputus asaan……..ataukah menunggu saya mati . Dengan berbagai ujian yang terjadi seringkali mengeluh pada sang Khalik ” Ya Allah hamba lelah ” tapi seiring dengan itu keluar ucapan penuh pengharapan Ya Allah jangan biarkan hamba menyerah karena hamba ingin lulus dari ujian mu dan menjadi pemenang dihadapan Mu…..semoga Engkau menghendaki dan memberikan kebaikan itu pada hamba., seperti hadis diatas…….
    “Barangsiapa dikehendaki Allah kebaikan baginya maka ia diuji (dengan musibah yang menimpa).” (HR. Al Bukhari)

  11. setiap yg bernyawa pasti mati semua … jadi jgn diratapi hati wanita memang lemah tar pahalanya hilang loch…

  12. bagus artikelnya. makasi yah…

  13. afwan ukh, boleh ana copy paste artikelnya ke blog ana? jazakillah

    • Silahkan ukhti…semoga bermanfaat

  14. Sedikit ingin berbagi tentang bagaimana takdir Allah bekerja untuk kita adalah dengan memahami pola struktur geometri bangunan Ka’bah dan pola susunan Al Qur’an serta pola gerak Asmaul Husna yang dapat di baca pada : http://www.polaruangalquran.blogspot.com pada tulisan berjudul : manhaj al bait al atiq
    Yang pada intinya takdir Allah itu meliputi segala sesuatu, namun Takdir Allah bukanlah sebuah garis lurus melainkan sebuah RUANG yang tersusun dari begitu banyak garis yang saling bersimpangan dan saling mempengaruhi.

    • Syukron

  15. Masaallah, spt saya umi mengalami sesuatu yg pahit masalah jodoh | awal nya terasa sesak bahkan merasa Allah tak adil, tapi selang berapa waktu Allah tlah membimbing hati ini, bahwa saya hanya mengangap baik sesuai fersi saya, tetapi Allah papapun yg mjd ketentuanya semuanya baik | dengan ujian jodoh ini umi, saya lebih jauh bs merasakan manisnya iman, manisnya ibadah, dan ketenangan yg luar biasa, bahkan dulu saya yg lemah dng semua ini bs menguatkan teman2 sy yg mengalami kepahitan | puji syukur semua ini tdk bisa saya peroleh andei Allah tdk menempa diriku dng kepahitan dlm jodoh | Pedang akan bisa tajam apabila harus dibakar ditempa terlebih dulu | hidup mmg proses untk peroleh predikat sukses |sukses bs mjalani ujian,dan sukses mjd hamba Allah yg diharapkanya | mohon doa nya umi dan sabat muslim semua agar Allah menganti kan dan memberikan jodoh jauh lebih baik , dan smg Allah memberikan kesempatan aku untk berumah tangga dan peroleh suami yg soleh. Aamiin.

  16. Wonderfull..

    Inilah yang mungkin ilmu yg seriing di katakan ilmu ikhlass karena allah swt.

  17. jodoh itu allah yang tentukan,tp kita harus ikhtiar juga untuk mendapatkannya. terkadang yang menjadi pilihan kita itu bulan yang diharapkan karena berbagai hal, sampai saat ini pun selalu berdoa untuk jodohku yang diinginkan tp yang diridhai allah. walaupun sudah menikah…
    bagaimana pendapatnya?

  18. Tulisan yang menarik. Insya Allah bermanfaat. Allah pemilik kita semua dan kita diuji agar iman kita semakin meningkat. Semoga penyikapan kita terhadap ujian semakin mendekatkan kita kepada-Nya dan bukan justru menjauhkan kita dari-Nya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: