Oleh: ummuali | 14/05/2009

Selintas kembara Pikiranku

Assalamu’alaykum,…

Hanya intermezzo,…

Saat ini aku sedang mangandung buah hatiku yang ketiga, ceritanya , pada hari sabtu yang lalu tepatnya tanggal 9 Mei 2009, aku bermaksud periksa kandungan. Berangkatlah aku dari rumahku yang terletak di Tanjung Barat- Ps. Mingggu, menuju bintaro ( rumah neneknya anak-anak) by taxi. Kebetulan suami memang tidak bisa mengantar karena harus masuk kerja. Setelah handover anak2 ke neneknya aku langsung berangkat ke RS di daerah Ciputat, depan Kampus UIN, naik angkot.

Dalam perjalanan aku minta bantuan sohibku untuk mengecek ke RS tersebut apakah dokter kandungannya praktek atau tidak. By sms sohibku kasih info, telpnya sibuk terus. Ya sudah dengan perasaan gimanaaa gitu ( ragu untuk berangkat sebenarnya) aku keep going.

Sesampainya di RS aku merasa little bit weird, ”kok sepi yaaa,…tumben ga ngantri di bagian pendaftaran.” pikirku.

“Selamat pagi mbak, saya mau daftar untuk periksa kandungan.” Sapaku kepada mbak2 di meja pendaftaran.

“Selamat pagi, maaf, dokternya tidak praktek hari ini, kan sekarang tanggal merah, hari libur nasional, jadi tidak ada dokter yang praktek.” Jawab si mbak2 itu.

“Ooo begitu, ya sudah, trimakasih yaa mbak.” jawabku

“Ya ampun, mentang2 ibu RT sampai nggga kepikiran untuk ngecek2 tanggalan.” batinku sambil sedikit menyesali kecerobohanku.

Terjawablah sudah perasaanku yang gimanaa gitu. Kebetulan pada saat itu hujan deras, so for a while, aku menunggu sampai hujan reda sebelum melanjutkan perjalanan.

Aku duduk2 di ruang tunggu sambil bersms-an dengan sohibku, juga bersms ke suamiku tentunya. Kepada sohibku kutulis sms,” dah nyampe, dokternya ga praktek.” Sambil ada sedikit rasa sebel di hatiku.

Setelah itu pikiranku melayang kemana2.

Setelah kurang lebih 15 menit berlalu, hujan reda. Pulanglah aku. Di dalam angkot, hp-ku berbunyi tanda sms masuk, dari sohibku,”kecian deh emak2 perutnya gendut, naik angkot pula. Kenapa ga bilang2 biar dikawal,………”

Dengan hati yang sudah lapang berkat 15 menit pikiranku melayang, aku jawab sms sohibku itu,”thanks anyway, sesungguhnya Allah Maha Berkehendak, terjadilah apa yang dikehendak-Nya terjadi, ini bagianku.”

Sebenarnya ada banyak yang ingin kusampaikan kepada sohibku, hasil dari kembara pikiranku.

Bahwa aku harus ke RS tersebut telah tertuliskan,…bahwa naik angkot menjadi pilihanku sudah digariskan,…karena sesungguhnya Allah Maha Mengatur dan Maha Memberi Rezeki,…sudah tercatat bahwa si sopir angkot itu akan mendapat rezeki  Rp 3000 lewat tanganku,…sudah Allah tetapkan si ibu kantin di RS mendapat rezeki Rp 5000 melalui aku,…

Tidak sulit bagi Allah untuk menggerakkan mataku untuk melihat tanggalan. Tidak sulit bagi Allah untuk mengatur aku atau sohibku dapat menelpon RS tersebut,…tetapi, bukan itu yang dikehendaki-Nya.

Jika ingin direnungkan lebih dalam. Dari peristiwa kecil ini, kita bisa belajar tentang hakikat iman yang sesungguhnya. Bahwa tidaklah terjadi sesuatu kecuali atas kehendak-Nya. Seandainya kita mampu mengaplikasikan hal ini dalam kehidupan kita, maka atas segala yang tejadi pada diri kita, baik buruknya, susah senangnya, seyogyanya tidak menimbulkan rasa apa-apa kecuali kelapangan hati,…dan pikiran,…Ya Allah aku Milik-Mu.

Ummu Ali, yang sedang belajar untuk dapat memahami-Nya.


Responses

  1. Assalammu alaikum wr wb.

    Intermezzonya gress banget tuh..I think I quite familiar with some of those words. Subhanallah,..you’re right mba..Pasti Allah dah menyetting kejadian itu sedemikian rupa as part of your journey..Senyum kesyukuran dan kepasrahan akan tersungging lebih lebar kalo sms lanjutan itu kuterima…:)

    Thanks for the refreshment


Tinggalkan Balasan

Kategori

