Oleh: ummuali | 22/11/2009

FADHILAH TAHAJJUD

“Dan pada sebagian malam, bertahajjudlah sebagai tambahan ibadah wajib bagimu, mudah-mudahan Tuhan mengangkatmu pada maqam atau kedudukan yang terpuji.” (Al-Isra : 79)

Shalat tahajjud adalah shalat yang dikerjakan pada waktu malam, antara shalat Isya hingga shubuh dengan terlebih dahulu tidur, walau hanya sejenak. Dan ini merupakan amalan yang sulit untuk dilakukan, kecuali bagi mereka yang memiliki hubungan demikian dekat dengan Allah. Merupakan anugrah luar biasa seandainya Allah memudahkan bagi kita untuk dapat melaksanakannya. Setiap kita sepertinya memiliki begitu banyak alasan untuk tidak shalat tahajjud, tetapi tidak memiliki banyak alasan untuk menonton bola hingga dini hari, misalnya. Begitulah nafsu, selalu mencondongkan hati kita kepada hal-hal yang melalaikan.

 

Berikut adalah hadist-hadist nabi Muhammad SAW mengenai fadhilah tahajjud, mudah-mudahan ini dapat meningkatkan semangat kita untuk dapat bertahajjud.

 

Rasulullah SAW bersabda bahwasannya Allah Ta’ala turun ke langit bumi ketika sepertiga malam telah berlalu, Allah berkata “ Akulah Raja, Akulah Raja, siapa yang berdo’a kepada-Ku Aku kabulkan, siapa yang meminta kepada-Ku Aku beri, siapa yang memohon ampun Aku ampuni. Allah terus berkata demikian hingga fajar merekah ( HR Muslim).

 

Jika kita memiliki kebutuhan kepada seseorang tentunya kita akan mencari waktu yang sepi untuk menyampaikan kebutuhan kita. Apakah seorang anak kepada ayahandanya atau seorang bawahan kepada atasannya. Begitupula seorang hamba, seandainya memiliki kebutuhan kepada sang khalik maka malam menjadi waktu yang tepat karena disepertiga malam, Allah turun ke bumi untuk memenuhi hajat bagi siapa saja yang berhajat

 

Sabda nabi  SAW yang lain adalah “Saat yang paling dekat bagi Allah dengan hamba-Nya adalah pada penghujung akhir malam, maka jika engkau bisa menjadi orang yang berdzikir mengingat Allah pada saat itu, maka lakukanlah. “

 

Kemudian ketika nabi SAW isra ke langit, Allah SWT berpesan, “Lestarikan shalat malam, sebab datangnya pertolongan disertai dengan shalat malam.”

Allah telah berfirman dalam surat Al-Baqarah, agar kita mencari  pertolongan Allah dengan sabar dan Shalat. Dan pada hadist diatas dikatakan bahwa datangnya pertolongan disertai shalat malam. Maka malam adalah saat yang istemewa untuk  menghadap Allah memohon pertolongan-Nya.

 

“Kalian hendaknya shalat malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh terdahulu, juga sarana taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah, dan menjadi pelindung dari tindakan dosa dan penghapus kesalahan, dan mengusir penyakit dari tubuh.” (HR Tirmidzi – Al Hakim)

Dari Umar bin Khattab, Nabi SAW bersabda, “Siapa shalat malam dengan sebaik-baiknya, maka Allah akan memuliakan dengan 9 perkara, 5 di dunia dan 4 di akhirat, masing-masing yaitu:

5 perkara di dunia

  1. 1. Allah memeliharanya dari marabahaya
  2. 2. Allah memberi cahaya di wajahnya
  3. 3. Allah memberi charisma
  4. 4. Allah memberi hikmah pada ucapannya
  5. 5. Allah menjadikannya orang yg bijak

4 perkara di akhirat

  1. Bangkit dari kubur dengan wajah bersinar
  2. Diringankan hisabnya
  3. Melintas shirat secepat kilat
  4. Menerima catatan amal dari tangan kanan

Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat untuk khusyu, dan bacaan di waktu itu lebih berkesan” (Al – Muzzammil : 6)

Dampak-dampak shalat tahajjud dalam keseharian kita

  • Menyambut esok hari dengan kesegaran hati

 

“Barangsiapa yang pada malam harinya bangun shalat, maka pada pagi hari ia akan bangun dalam keadaan penuh semangat, bersih jiwanya serta telah mendapatkan kebaikan”

 

  • Disini pertarungan dimulai

 

“Syetan mengikat tengkuk leher setiap orang dari kalian dengan 3 ikatan, syetan menepuk setiap ikatan dengan berkata”Engkau masih punya malam yang panjang, karena itu tidurlah”. Jika orang tersebut bangun, lalu menyebut nama Allah maka lepaslah satu ikatan. Jika ia berwudhu, terlepaslah lagi ikatan yang kedua. Jika kemudian ia shalat, maka terlapaslah semua ikatan.”

  • Janji surga

 

“Sesungguhnya, di surga itu ada kamar yang sisi luarnya terlihat dari dalam dan sisi dalamnya terlihat dari luar. Disediakan untuk mereka yang memberi makan untuk orang-orang yang kelaparan, menyebarkan salam serta mendirikan shalat pada saat manusia terlelap tidur malam.”

 

 

Cara agar mudah shalat tahajjud

 

 

  1. Niat yang bulat
  2. Sedikit makan pada waktu malam
  3. Tidur dengan adab
  4. Lingkungan yang kondufsif
  5. Jauhi perbuatandosa di siang hari

 

Wassalam, semoga manfaat

 

Ummu Ali Abdurrahiim

 

About these ads

Responses

  1. Jazakumullahu khoiron. trimakasih, dan mohon izin untuk mensharing dengan yang lain.

    Wassalam
    Iqbal

    • silahkan, terimakasih juga

  2. SUBHANALLAH

  3. syukron,,,

  4. adakah fadilah lainnya…sukron

  5. Syukron


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: